Teknologi Robot

Teknologi Robot Yang Semakin Dekat Dengan WildCat


Wow! Satu kata yang cukup untuk mendeskripsikan sebuah video yang diunggah di situs YouTube baru-baru ini. Video tersebut menunjukkan prototipe robot yang berkaki empat seperti hewan pada umumnya yang dibuat oleh Boston Dynamics. Robot yang diberi nama WildCat tersebut bisa bergerak dengan bantuan mesin (yang suaranya mirip mesin pemotong pohon) dan dikendalikan dengan remote control.
WildCat bisa bergerak dengan gerakan kaki yang berbeda untuk kondisi berjalan maupun berlari, yang membuatnya bisa berlari maksimum dengan kecepatan 16 mph atau sekitar 25 km/jam. Yang artinya kecepatan ini sedikit lebih tinggi di atas rata-rata kecepatan manusia berlari yang hanya15 mph, namun tidak secepat Usain Bolt yang bisa mencapai kecepatan 27 mph (44.7 km/jam).
Diunggah pada 3 Oktober lalu, video ini sudah menyedot perhatian 1.3 juta orang hanya dalam waktu 2 hari. Beberapa komentar yang dilontarkan oleh penonton adalah "Zombie tidak akan menghancurkan kehidupan kita karena Terminator akan lebih dulu melakukannya". Penonton lain juga berkomentar "(Robot ini) tidak akan memiliki fitur stealth/penyamaran" karena suara mesinnya yang terdengar cukup keras selama video berlangsung.
Sebagian besar orang pasti sudah menonton film-film fiksi ilmiah yang melibatkan robot, mulai dari Terminator yang dibintangi Arnold Schwarzenegger, Robocop, Transformers, I-Robot (Will Smith), sampai ke Pacific Rim dan masih banyak film lainnya, termasuk film kartu/anime yang menceritakan kisah seputar robot. Di samping itu tidak sedikit pula game yang dikembangkan dengan membawa unsur robot di dalamnya. Para penonton maupun pemain tentu akan dapat membayangkan dunia dimana robot menjadi hal yang umum.
Melihat luwesnya gerakan WildCat, rasanya kita tinggal beberapa langkah lagi dalam memasuki era robot. Di bidang ponsel sendiri, robot terlihat lebih nyata sejak munculnya teknologi SIRI yang dikembangkan Apple, dimana robot tersebut mampu berinteraksi dengan si pengguna untuk mencari informasi yang diinginkan.
Semakin maju teknologi kita, semakin mudah pula bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang dulunya dirasa mustahil. Hingga pada saatnya kelak, bukan tidak mungkin smartphone kita bertindak seperti remote control untuk mengendalikan kendaraan, robot, atau perangkat elektronik lainnya.
Ya, masa depan akan selalu ada selama manusia terus bertanya "Mengapa?". Satu pertanyaan yang terbukti telah membawa sejarah manusia ke tingkat yang lebih tinggi. Keingintahuan manusia membuat kita menikmati kenyamanan dengan berbagai teknologi yang diciptakan. Untuk teknologi robot sendiri, mungkin saja cerita anime seperti Voltus dan Patlabor, atau bahkan game seperti Mech Warrior akan hadir secara nyata di tengah-tengah kita.

0 comments:

Post a Comment